Apa Itu Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Apa Itu Ahlus Sunnah Wal Jama'ah? Atau ditulis Apa Itu Ahlussunnah Waljama'ah
Definisi Ahlus Sunnah Wal Jam'ah Atau ditulis Definisi Ahlussunnah Waljama'ah
Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah atau ditulis Pengertian Ahlussunnah Waljama'ah

Pengertian atau definisi atau kalimat apa itu Ahlus Sunnah Wal Jama'ah memang tidak ada akhirnya dibahas. kenapa kok bisa begitu?
karena semua memperebutkan nama Ahlussunnah Waljama'ah.

Jangankan Wahabi atau Salafi, bahkan Syi'ah pun mengaku  Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, karena itu sangat perlu sekali mengenal dan memahami apa itu Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang sebenarnya, karena banyak orang yang salah persepsi mengenai Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. tidak sedikit orang menganggap Ahlus Sunnah Wal Jama'ah itu ialah mereka yang melakukan sesuatu seperti apa yang sudah dikerjakan Rasulullah SAW. kalimat seperti tidak 100% benar, kenapa begitu?
karena sahabat sendiri tidak melakukan pas seperti apa yang sudah nabi lakukan. sedangkan kalau kita lihat haditsnya adalah sebagaimana berikut:

عَلَيكُمْ بِسُنَّتيِ وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنْ بَعْدِي
Ikutilah tindakanku dan tindakan para khlafaurrosyidin setelah wafatku.

Pada zaman sahabat Rasul banyak hal yang baru alias pembaharuan, jadi tidak benar juga kalau yang melakukan hal baru itu bukan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, karenanya ulama membagi bid'ah. ada bid'ah sayyiah ada bid'ah hasanah. secara mudah dan simple Ahlus Sunnah Wal Jama'ah sudah dirumuskan oleh semua ulama Ahlus Sunnah Wal Jama'ah sendiri di masa dulu sebagai berikut:

As-Syaih Al Baghdadi dalam kitabnya Al Farqu bainal Firoq mengatakan : pada zaman sekarang kita tidak menemukan satu golongan yang komitmen terhadap ajaran Nabi dan sahabat kecuali golongan Ahlussunnah wal jamaah. Bukan dari golongan Rafidah, khowarij, jahmiyah, najariyah, musbihah,ghulat,khululiyah, Wahabiyah dan yang lainnya. Beliau juga meyebutkan; bahwa elemen Alussunnah waljamaah terdiri dari para Imam ahli fiqih, Ulama’ Hadits, Tafsir, para zuhud sufiyah, ulama’ lughat dan ulama’-ulama’ lain yang berpegang teguh paa aqidah Ahli sunnah wal jamaah.

Jadi mudahnya itu, yang suka teriak bid'ah, yang suka mut'ah dan yang suka mengkafirkan orang lain, dan yang suka mencampur agama atau menyamakan agama islam dengan agama yang lain, atau yang menyamakan Allah dengan makhluknya, atau tidak percaya kepada taqdir jelaslah bukan paham Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Untuk mengetahui pembahasan yang lebih detail termasuk bid'ah, apa itu sunnah dan apa itu taqdir silahkan tunggu tulisan selanjutnya.
Sebagian artikel diambil dari: https://mughits-sumberilmu.blogspot.com/2012/03/definisi-ahlus-sunnah-wal-jamaah.html
Dan sekian dari saya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Posting Lama
Apa Itu Ahlus Sunnah Wal Jama'ah | SB66